Saturday 16 January 2016

Pengertian Multimedia (Teknologi Informatika)



 Pengertian multimedia dapat berbeda dari sudut pandang orang yang berbeda. Secara umum, multimedia berhubungan dengan penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Misalnya, video musik adalah bentuk multimedia karena informasi menggunakan audio/suara dan video. Berbeda dengn rekaman musik yang hanya menggunakan audio/suara sehingga disebut monomedia.



Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi berasal dari bahasa latin, yaitu nouns yang berarti banyak atau bermacam - macam. Sedangkan kata media berasal dari bahasa latin, yaitu medium yang berarti perantara atau sesuatu yang dipakai untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu yang dipakai untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu. Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Berdasarkan itu multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vector atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dan lain - lain yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan atau menghantarkan pesan kepada publik.

DEFINISI MULTIMEDIA

1. Menurut Rosch (1996), Multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
2. Menurut Gayeski (1993), Mendefinisikan multimedia sebagai kumpulan media berbasis komputer dan sistem komunikasi yang memiliki peran untuk membangun, menyimpan, menghantarkan dan menerima informasi dalam bentuk teks, grafik, audio, video dan sebagainya.
3. Menurut Oblinger (1993), Mendifinisikan multimedia merupakan penyatuan dua atau lebih media komunikasi seperti teks, grafik, animasi, audio, dan video dengan ciri - ciri interaktivitas komputer untuk menghasilkan satu presentasi menarik.
4. Menurut Munir dan Halimah Badioze Zaman (1999), Mendefinisikan multimedia sebagai keterpaduan diantara berbagai media teks, gambar, video, dan animasi dalam satu media digital yang mempunyai kemampuan untuk interaktif, umpan balik dan informasi diperoleh dengan cara yang non-linear.
5. Menurut Elsom-Cook (2001), Multimedia adalah kombinasi berbagai saluran komunikasi menjadi sebuah pengalaman komunikatif yang terkoordinasi dimana interprestasi saluran lintas bahasa terintegrasi tidak aada.
6. Menurut Reddi (2003), Mengartikan multimedia sebagai suatu integrasi elemen beberapa media (audio, video, grafik, teks, animasi dan sebagainya) menjadi sebuah kesatuan yang sinergis dan simbiosis yang memberikan hasil lebih menguntungkan bagi pengguna ketimbang elemen media secara individual.
7. Dan menurut Hofstetter (2001), Mendefinisikan multimedia dalam konteks komputer adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

KOMPONEN - KOMPONEN MULTIMEDIA

Berikut ini adalah penjelasan tentang komponen - komponen yang terdapat pada multimedia, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Teks
Teks adalah suatu kombinasi huruf yang membentuk satu kata atau kalimat yang menjelaskan suatu maksud atau materi pembelajran yang dapat dipahami oleh orang yang membacanya.
2. Grafik
Grafik merupakan sarana yang tepat untuk menyajikan informasi, apalagi pengguna sangat berorientasi pada gambar yang bentuknya visual.
3. Gambar
Gambar merupakan penyampaian informasi dalam bentuk visual.
4. Video
Video adalah alat atau media yang dapat menunjukkan simulasi benda yang nyata.
5. Animasi
Animasi adalah suatu tampilan yang menggabungkan antara media teks, grafik dan suara dalam suatu aktivitas pergerakkan.
6. Audio
Audio didefinisikan sebagai macam - macam bunyi dalam bentuk digital seperti suara, musik, narasi dan sebagainya yang bisa didengar untuk keperluan suara latar, penyampaian pesan duka, sedih, semangat dan macam - macam disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Di sisi lain audio juga dapat meningkatkan daya inget serta bisa membantu bagi pengguna yang memili kelemahan dalam penglihatan. 

 
Semoga bermanfaat ya artikel kali ini untuk kawan - kawan.... !!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Multimedia (Teknologi Informatika)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 komentar

Tulis komentar
avatar
19 January 2016 at 06:10

lengkap banget tentang definisi multimedianya, ane paling demen untuk hal hal yang berbau multimedia gini gan.. thanks for definisi

Reply
avatar
19 January 2016 at 17:20

bgus ni dfnisi yg mas jlaskn :)
tpii daya stju jgx dgn mas ini, dfnisi nya jg trgntung bgaimna org mnlainya..

thx mas

Reply
avatar
23 January 2016 at 03:03

:D.... sama" mas....
semoga bermanfaat..... :D

Reply