Tuesday 19 January 2016

Cara Praktis Dan Mudah Mendesain Web (Lengkap)

Cara Praktis Dan Mudah Mendesain Web (Lengkap)


Langsung aja ya kita ke TKP.... :D

1. Mempersiapkan Domain

Domain adalah alamat sebuah website. Tanpa sebuah domain, sebuah website tidak bisa diakses.
Bayangkan bila anda mau mengirim surat ke teman anda yang ada di Surabaya, hal pertama yang anda tulis apa?
Alamat...??? hmmm... bukan. Isi surat...??? lebih bukan lagi... 
Yang pasti pertama kali anda tulis adalah Nama.

Nah, dalam dunia internet, nama dan domain punya peranan yang sangat - sangat penting. Sangking pentingnya nama domain, banyak orang yang berbisnis di bidang domain. Tak ayal, nama domain adalah salah satu properti yang paling dahsyat dalam jagat maya.


2. Ekstensi Domain

Sebagai seorang (calon) pemilik website, tentu kita harus kenal dong dengan berbagai ekstensi domain. Itu loh, akhiran sebuah domain. Misalnya situs Facebook, beralamat di www.facebook.com, maka ekstensi domain yang facebook gunakan adalah .com.

Selain .com, di dunia ini ada banyak lagi jenis ekstensi domain lainnya. Ibaratkan sebuah obat, beda ekstensi domainnya, jelas beda pula tujuannya.

Sebelum anda menyewa dan mendaftarkan sebuah nama domain, maka anda harus tahu dulu ekstensi domain seperti apa yang anda butuhkan. 
Berikut penjelasan lengkapnya :
  • Ekstensi .com untuk website yang dibuat dengan tujuan komersial (Perdagangan).
  • Ekstensi .net berasal dari kata network (Jaringan). Menurut para pakar, domain .net ini biasanya dipakai oleh perusahaan jaringan telekomunikasi. Tapi untuk tujuan lain, juga tidak apa - apa.
  • Ekstensi .info untuk website yang tujuannya adalah membagikan informasi tertentu.
  • Ekstensi .org untuk website organisasi dan lembaga non profit.
  • Ekstensi .mil untuk website militer.
  • Ekstensi .co.id untuk website perusahaan yang beroperasi di indonesia.
  • Ekstensi .edu untuk website lembaga pendidikan.
Apakah Harus Membayar?

Apakah harus membayar untuk memakai nama domain?
Nah, kalau itu terhantung, kawan.

"Apahhh !!! tergantung?? Mati dong :D"

Bukan itu maksud saya. Maksud saya doamain itu ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Kalau mau memakai domain berbayar, tentu saja kita harus bayar sewa. Tapi kalau yang gratis, ya tinggal daftar saja.

Mana yang lebih baik? ya tergantung lagi hehehe.

Kalau untuk bisnis, atau untuk kepentingan profesional atau menyangkut hajat hidup banyak orang, maka sebaiknya pakai domain berbayar. Tapi kalau baru sebatas untuk iseng - iseng belajar bikin website, maka pakai yang gratis juga tidak dilarang.

Hanya saja belakang ini, layanan domain gratis mulai banyak yang berjatuhan dan mati tak berdaya. Sebut saja seperti doamain .co.cc, dulu di eratahun 2009 sampai pertengahan 2011, domain ini sangat populer, tapi karena satu perubahansistem algoritma Google, .co.cc mati terkapar tak berdaya di jagat maya.

Mengenai mau pakai domain berbayar atau domain gratis, itu kembali kepada hak anda masing - masing.

Dimana - Dimana

Tahun 2011 mungkin menjadi tahun kesialan bagi .co.cc, sebab domain gratis mereka  jatuh berderai tak berdaya dalam pusat jagat maya. Tapi di tahun 2011 pulalah sang penyanyi yang sempat fenomenal, Ayu Ting - Ting muncul ke permukaan (emang dia tenggelam? he..he..he). Lagu mbak Ayu Ting - Ting yang judulnya "Alamat Palsu" ada kaitannya dengan pembahasan kita kali ini.

Dimana dimana dimana...
tinggalnya sekarang dimana..
ke sana kemari membawa alamat 
namun yang kutemui bukan dirinya
sayang yang kuterima alamat palsu.
(Sepenggal lirik lagu Alamat Palsu dari Ayu Ting - Ting)

Dimana... ya dimana, dimana kita harus mendaftar domain? untuk mendaftar domain, kita bisa mendaftar sekaligus menyewa domain melalui berbagai situs penyedia layanan pendaftaran domain. Contohnya seperti:
Tapi kalau anda tidak mau repot, anda bisa daftar domain melalui situs - situs penyedia layanan domain yang berbasi indonesia, seperti :
Bagaimana cara mendaftar domain? mudah kok, anda tinggal mengunjungi situs penyedia layanan pendaftaran domain, lalu daftarkan domainnya disana. Jika anda kesulitan mendaftar domain, anda bisa minta bantuan dari customer service situs web tempat anda akan mendaftarkan domain.

3. Sekarang Giliran Hosting

Bisnis properti, kian hari kian bergeliat. Tak hanya bisnis properti di dunia nyata, properti dunia maya juga kian meroket. Nah ngomongin soal properti di dunia maya, maka selain ada yang namanya domain, juga ada satu properti lain yang sangat - sangat penting, yakni hosting. Sama seperti domain, hosting juga menjadi kebutuhan primer di internet. Tanpa hosting tidak akan ada website. Kalau bicara mana yang lebih penting antara domain dan hosting, ini sama saja seperti menjawab pertanyaan, mana yang lebih penting antara otak kanan dan otak kiri.
Jawabannya adalah sama-sama penting. Keduanya saling melengkapi. Tanpa domain, website tidak bisa punya alamat (tak bisa diakses). Tapi tanpa hosting, website hanya “tinggal nama” doang, tidak bisa diisi apa - apa. Right?

Hosting Seperti Apa Yang Saya Butuhkan?

Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, hanya andalah yang bisa tahu jawabannya. Tentu saja kebutuhan hosting setiap orang berbeda - beda. Ibarat minum obat dokter, tiap orang punya resep sendiri - sendiri. Akan tetapi, ada beberapa jenis layanan hosting yang penting untuk Anda ketahui sebagai berikut. 
  • Shared hosting, yakni jenis layanan hositng, di mana kita akan menggunakan satu server hosting bersama-sama dengan pengguna lain. Ibaratnya kayak kos - kos’an gitu. Satu rumah kos ada beberapa kamar, nah “kamar - kamar” itulah yang akan ditempati oleh setiap website. 
  • VPS (virtual private server). Kalau yang ini setingkat di atas shared hosting. Tipe layanan hosting ini cocok untuk dipakai oleh website perusahaan “lanjutan”, dalam artian sebuah website yang lebih besar dan membutuhkan konfigurasi yang spesifik. Tipe layanan hosting ini juga cocok untuk dipakai bagi orang - orang yang baru mau merintis dan membuka bisnis hosting.
  • Dedicated server, nah kalau yang ini layanannya beda lagi dengan kedua layanan sebelumnya. Untuk yang satu ini, tarif sewa hosting-nya biasanya jauh lebih mahal dari shared hosting, sebab di layanan dedicated server ini kita mendapatkan layanan spesial. Di mana kita bisa dapat satu jatah server yang terpisah dari pengguna hosting lain. Karena jatah server itu bisa kita embat sendiri maka jelas kita memegang kendali penuh terhadap server tersebut. Tipe layanan hosting ini cocok untuk anda yang mau berbisnis hosting, atau Anda yang mau mengelola sebuah website sangat besar (seperti web perusahaan “lanjutan”, website
    yang lalu - lintas pengunjungnya sangat - sangat tinggi). 
Dari ketiga layanan di atas, mana yang anda perlukan? Hanya anda yang tahu. Dalam pembahasan kali ini, kita akan pakai yang shared  hosting saja dulu ya.
Sewa Atau Pakai Gratis Nih?
Rupa - rupanya, kalau kita ngomongin soal hosting maka tidak selalu ada jawaban pasti. Termasuk yang satu ini. Soal sewa atau pakai hosting gratis ini kembali kepada anda masing-masing. Jika anda mau membangun website bisnis, atau website yang punya tujuan besar, sebaiknya pakai hosting berbayar. Kenapa? 
Kenapa? Ya kenapa? Kasih tau dong…
 
Sebab layanan yang disediakan oleh shared hosting berbayar biasanya jauh lebih lengkap dibanding layanan dari hosting gratis. Kalau ada nilai 1 – 10, layanan web hosting berbayar nilainya biasanya lebih tinggi dari web hosting gratis. Sementara untuk hosting gratis, tipe ini cocok jika anda memakai hosting hanya sekadar untuk coba - coba membuat website saja. Saya dulu pun, mengawali membuat website dari hosting gratis. 

Dan bukan bermaksud menomorduakan web hosting gratis, tapi ada
kalimat yang bilang, ada harga ada kualitas. Right? 
Kemana Saya Harus Melangkah?
Kata melangkah, hmm.. sebuah kata yang unik. Sebab kata ini punya banyak makna. (Emang penting banget ya, membahas soal arti kata dalam buku website?) 
 
Sudah-sudah, barangkali sekarang anda bertanya - tanya, ke mana saya harus melangkah untuk mendapatkan layanan hosting-nya? Untuk itulah pembahasan berikut sangat perlu anda ikuti.
 
Jika anda mau menggunakan layanan hosting berbayar, maka anda bisa sewa hosting melalui situs-situs penyedia layanan hosting di internet. Mulai dari situs yang lokal (dari Indonesia) sampai yang mancanegara. 
Berikut situs - situs penyedia layanan hosting yang barangkali saja anda tertarik untuk mencobanya.
Sementara untuk web hosting gratis, mungkin saja anda tertarik mencoba layanan dari situs - situs berikut ini. 
Jika anda tertarik mencoba layanan hosting gratis, maka barangkali langkah - langkah yang akan saya bahas berikut ini menjadi sangat menarik bagi anda.
Pada langkah - langkah berikut, saya akan menampilkan langkah demi langkah untuk mendaftar di salah satu situs hosting gratis di Indonesia. anda tidak harus memakai hosting ini, sebab anda bisa memilih layanan hosting yang terbaik menurut anda.
1. Buka web browser anda, lalu kunjungi salah satu situs penyedia layanan hosting yang ingin anda gunakan. Misalnya di sini saya akan memakai layanan dari http://www.idhostinger.com/.
2. Setelah tampilan situsnya terbuka, kini giliran anda klik tombol order sekarang.
3. Selanjutnya anda akan diminta oleh IdHostinger untuk mengisi formulir pendaftaran. Udah, tunggu apa lagi, mari isi formulir pendaftarannya dengan baik dan benar. 
  • Nama Anda : isi dengan nama lengkap anda.
  • E-mail Anda : Anda isi dengan alamat email anda.
  • Password : masukkan kata sandi yang mau anda pakai.
  • Ulangi password: silakan tuliskan kembali password yang tadi anda pilih.
  • Tulis karakter, nah Anda masukkan tuh karakter yang ada di dalam kotak. 
4. Jika formulir sudah diisi, maka jangan lupa baca ketentuan penggunaan layanan. Jika sepakat dengan ketentuannya, baru deh beri tanda centang pada saya setuju dengan ketentuan penggunaan layanan. Selanjutnya klik tombol buat akun.
5. Nah ini nih, jika data - data yang tadi kita masukkan sudah benar maka kita akan diarahkan ke member area hosting IdHostinger. Dan kita akan disambut dengan satu pemberitahuan bahwa kita
diminta untuk melakukan aktivasi akun hosting lewat email.
6. Sudah - sudah, tak usah pakai bingung. Sekarang silakan buka email yang tadi anda daftarkan di Idhostinger. Dan di email anda pasti akan ditemukan email masuk dari Idhostinger yang subjeknya adalah “selamat datang di Idhostinger.com”. Silakan buka email tersebut.
7. Di dalam email dari Idhostinger tadi, anda akan menemukan sebuah link aktivasi akun hosting anda. Silakan klik link aktivasi tersebut.
8. Setelah link aktivasi diklik, anda akan diarahkan kembali ke member area Idhostinger. Dan jangan terkejut, anda akan menjumpai satu pemberitahuan bahwa pendaftaran sudah selesai dan anda segera bisa memanfaatkan layanan dari Idhostinger.
9. Dan ini nih yang juga penting, Idhostinger akan memberi 3 pilihan paket hosting untuk anda. Ada paket gratis, paket premium dan paket bisnis. Silakan tentukan paket layanan
hosting mana yang mau anda pilih. Dalam panduan ini saya sengaja pakai paket gratis.
10. Setelah anda menentukan paket yang mau dipakai, maka silahkan klik tombol order yang ada pada paket tersebut.
11. Lagi - lagi sebuah penampakan formulir isian akan kembali muncul di layar monitor anda. Jika sebelumnya anda sudah mendaftar dan menyewa sebuah nama domain, maka pada formulir ini silakan beri tanda pada opsi domain. Lalu anda isi kotak domain www. dengan nama domain yang sebelumnya sudah anda daftarkan. 
12. Tapi, jika sebelumnya anda belum mendaftarkan nama domain (belum sewa domain), silahkan pilih opsi subdomain.
13. Oke, jika opsi pada subdomain atau domain sudah anda pilih, berikutnya silahkan isi baris isian yang tersisa dengan ketentuan sebagai berikut. 
  • Jika anda pilih opsi subdomain maka silahkan anda isi baris isian subdomain www. dengan nama subdomain yang ingin anda gunakan. Namanya bebas, sesuai keinginan anda.
  • Password silakan anda isi dengan kata sandi khusus untuk akun CPanel yang akan anda buat ini. Password-nya boleh sama ataupun boleh beda dengan password akun hostinga anda tadi (saat kita mendaftar).
  • Ulangi password: masukkan kembali password yang baru saja anda tulis. 
  • Masukkan kode captcha: tuliskan karakter/kode yang anda lihat pada kotak.
  • Setelah sudah, klik tombol buat. 
14. Lalu, proses pembuatan akun CPanel pun akan dimulai. Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika pembuatan akun CPanel sudah berhasil, klik tulisan lihat hasil. 
15. Dan inilah anda, anda akan diarahkan ke akun CPanel anda yang sudah jadi. anda bisa menjumpai nama subdomain yang tadi anda daftarkan sudah aktif.

Oke sudah - sudah cukup, tahan dulu kegembiraan anda karena sudah berhasil mendapatkan layanan hosting. Sekarang mari kita bahas mengenai cara log out dari IdHostinger.
 
Setiap anda selesai memakai akun hosting di Idhostinger, jangan lupa untuk log out (keluar) ya. Ini kita lakukan untuk mencegah agar orang - orang yang memakai komputer anda, tidak bisa mengakses
akun hosting anda.

Untuk log out, mudah ko, anda tinggal klik tombol keluar yang ada dibagian atas tampilan halaman CPanel Idhostinger. 

Setelah berhasil log out, anda akan menjumpai formulir login ke akun
hosting.

4. Saatnya Pasang Mesin
Sidang pembaca sekalian, apa yang terbayang di benak anda ketika mendengar kata - kata, seperti Ferrari atau BMW?
Apa pun pendapat anda tentang kata - kata di atas, sebuah mobil Ferrari, BMW dan mobil apa pun, tidak akan terlalu berarti jika tidak ada mesinnya. Ya iyalah, mau jalan pake apa? Pake cinta? Ha..ha.. ada - ada saja.
 
Untuk itulah saya mau mengajak anda sekalian untuk mulai memasang mesin website yang akan kita bangun. Bagaimana cara memasang mesin WordPress-nya?
Jawabannya adalah dengan melakukan instalasi WordPress. Seperti apakah melakukan instalasi WordPress? Simak dan praktikkan langkah - langkah berikut ini ya.

1. Nyalakan perangkat komputer anda, siapkan web browser anda untuk mulai menjelajah dunia maya. Jika sudah, silahkan kunjungi alamat halaman tempat anda bisa mengakses akun hosting anda. Jika anda memakai Idhostinger, silakan kunjungi http://cpanel.idhostinger.com/.
2. Setelah alamat tadi anda kunjungi, isi formulir login ke akun hosting anda. anda tinggal memasukkan email, password dan bahasa tampilan yang ingin digunakan, lalu klik tombol login.
3. Setelah berhasil masuk ke akun hosting anda, klik menu kontrol panel.
4. Kini anda akan diarahkan ke akses menuju CPanel akun hosting anda. Sampai di sini silahkan anda klik tombol kelola yang ada di kolom tindakan.
5. Inilah anda, berada di halaman CPanel akun hosting anda. 
6. Selanjutnya silakan anda arahkan perhatian pada kolom website, lalu klik tombol penginstal otomatis.
7. Jika sudah berada di halaman penginstal aplikasi, silahkan anda klik opsi WordPress. Klik kiri satu kali saja.
8. Selanjutnya silakan anda isi kotak isian nama pengguna administrator dengan nama anda. Password administrator silakan anda isi dengan password khusus untuk login ke member area (dasbor) website WordPress anda nantinya. Pilihlah password yang susah ditebak orang - orang. Jika nama dan password sudah dimasukkan, klik Instal WordPress 3.3.1.
9. Proses instalasi WordPress pun akan dimulai. Jika proses instalasi WordPress-nya sudah selesai, anda akan mendapati sejumlah informasi penting terkait instalasi ini. Mulai dari data username dan password website anda, username dan password database dan sebagainya. Silakan simpan data - data ini baik - baik, jangan sampai hilang.
10. Sekarang silakan copy (salin) alamat website anda, alamat web anda ada pada bagian url instalasi.  
11. Oke, sekarang silakan log out dari CPanel hosting anda. Caranya? Ya tinggal klik tombol keluar yang ada di bagian atas halaman CPanel ini.
12. Sekarang silakan paste (letakkan) alamat url yang tadi anda copy pada address bar web browser anda, lalu tekan tombol enter untuk membuka tampilan situs web anda.
13. Lalu proses membuka website pun akan dimulai. Setelah proses selesai maka anda akan menjumpai tampilan dasar dari website anda. Masih sederhana ya?

Misi Pertama Dengan WordPress
Bicara soal misi, maka kita punya misi nih. Misi pertama yang harus kita lakukan. Apa misinya? Siap - siap, misi ini penting sekali. 

Misinya adalah melakukan pembaruan aplikasi WordPress yang kita gunakan. Seperti yang saya bilang, misi ini sangat penting, sebab hingga saat ini WordPress telah merilis berbagai versi terbarunya. Ketika halaman ini ditulis, WordPress sudah memasuki versi 3.5.1. Sementara WordPress
yang kita instal tadi adalah WordPress 3.3.1. Sudah ketinggalan zaman kan?

Berikut langkah - langkah menuntaskan misi ini.
1. Buka web browser andalan anda, lalu tuliskan alamat website anda diikuti oleh /wp-login.php pada address bar. Contoh, alamat website Anda adalah www.membuatweb.co.id, maka anda tuliskan www.membuatweb.co.id/wp-login.php.
2. Setelah anda mengunjungi halaman login website anda, maka anda akan menjumpai sebuah formulir login. Mari kita isi form login tersebut dengan username dan password website yang kita
buat saat melakukan instalasi WordPress pada Subbab 2.4 lalu. Klik tombol log in untuk memasukkan username dan password tadi.
3. Jika username dan password yang anda masukkan sudah benar maka anda akan diarahkan ke dasbor WordPress anda. Dari dasbor inilah segala aktivitas operasional website akan dilakukan. Ibarat sebuah rumah makan, dasbor ini adalah dapurnya.
4. Mari arahkan perhatian anda ke pemberitahuan yang ada dibagian atas dasbor. Silahkan klik tulisan please update now untuk masuk ke halaman pembaruan aplikasi WordPress.
5. Lanjut, mari klik tombol update now untuk melakukan pembaruan aplikasi WordPress yang anda gunakan.
6. Lalu proses pembaruan pun dimulai. Setelah proses pembaruan selesai maka anda akan diarahkan pada ucapan selamat datang di WordPress versi terbaru, yang saat ini sudah terpasang di mesin
WordPress anda.

Selamat, misi pertama anda bersama WordPress sudah berhasil! Mudah bukan? Nah, ketika sudah selesai menggunakan CMS WordPress, jangan lupa untuk log out dari dasbor ya. Cara log out dari dasbor WordPress mudah koq.
anda tingga klik tulisan Howdy yang ada di pojok kanan atas dasbor WordPress anda, lalu pilih opsi Log Out.

Mengenal Menu - Menu Pada WordPress
MOS atau masa orientasi siswa adalah salah satu masa yang sangat - sangat berkesan dalam menjalani pendidikan di sekolah. Segudang pengalaman berkesan ketika menjalankan MOS, tentu akan terus terbayang sepanjang nafas hidup kita berhembus.
Beragam pengalaman selama MOS pasti pernah kita alami, mulai dari naksir lawan jenis (hus, jangan sesama jenis ya), dikerjain oleh kakak - kakak senior dan banyak lagi. Dan yang sangat penting dalam MOS adalah perkenalan. Ya tentunya perkenalan antara siswa baru.

Bicara soal perkenalan, kali ini kita akan bahas perkenalan dengan menu - menu yang ada di WordPress. Ibarat seorang manager/pelatih klub sepak bola, anda harus kenal dulu dengan staf - staf dan pemain anda. Tidak lain tidak bukan, perkenalan ini sangat penting guna mencapai visi kita bersama.
Langsung saja ini dia beberapa “staf dan pemain” dalam website WordPress anda.

1. Posts, adalah menu yang berisikan submenu berikut ini.
  • All posts = untuk menampilkan daftar berbagai posting artikel yang sudah anda publikasikan di website anda.
  • Add new = untuk membuat posting artikel baru di website anda.
  • Categories = untuk menampilkan daftar kategori artikel yang ada di website anda.
  • Tags = untuk menampilkan tag - tag dari posting artikel yang sudah pernah anda publikasikan di website.  
2. Media, adalah menu yang tugas kerjanya adalah mengatur berbagai hal seputar media (gambar, dan video) yang ada di website anda. Menu ini punya 2 submenu, yakni: 
  • Library: untuk menampilkan berbagai media yang sudah ada di website anda. 
  • Add New: untuk menambahkan media-media baru
3. Lanjut ke menu links, menu ini menu yang sangat bertanggung jawab untuk kegiatan seputar tautan (link) di website anda. Di menu ini ada 3 submenu sebagai berikut.
  • All links: submenu ini fungsinya untuk menampilkan semua tautan (link) yang ada di website anda.
  • Add new: untuk menambahkan tautan (link) baru di website anda.
  • Link categories: untuk menampilkan berbagai kategori link yang ada di website anda. 
4. Pages terbagi menjadi 2 submenu, yakni:
  • All pages: untuk menampilkan semua halaman statis yang ada di website anda.
  • Add new: untuk menambahkan halaman statis baru di website anda. 
5. Comments, menu ini fungsinya untuk menampilkan berbagai komentar yang masuk di website anda. Dari menu ini jugalah semua aktivitas moderasi dan pengaturan komentar akan
dilakukan.
6. Appearance, nah khusus untuk menu ini fungsinya sangat - sangat krusial dan begitu penting bagi kesuksesan website anda. Indah atau tidaknya tampilan website anda sangat bergantung dari fungsi menu ini. Dalam menu ini terbagi menjadi 7 submenu.    
7 submenu itu antara lain sebagai berikut.
  • Themes, submenu ini untuk mengatur theme (template) yang anda gunakan di website. 
  • Widgets: untuk mengatur berbagai widget (aksesoris website) yang ada di website anda.
  • Menus: tempat melakukan pengaturan seputar menu navigasi yang ada di website anda.
  • Theme options: berfungsi dalam tugas pengaturan tampilan dari template yang anda gunakan.
  • Header: untuk mengatur tampilan header (bagian atas) dari website anda. 
  • Background: untuk mengatur tampilan latar belakang dari tampilan website anda. 
  • Editor: untuk mengatur/memodifikasi kode tampilan dari website anda.
  • Perlu diketahui, jumlah submenu dari menu appearance ini tidak mutlak 7, namun dapat berubah - ubah tergantung theme (template) yang digunakan di website anda.
7. Plugins, nah menu ini memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kecanggihan website anda. Dari menu inilah kita bisa melakukan pengaturan berbagai plugin (aplikasi tambahan) yang akan dipakai di website kita. Menu plugins ini terbagi menjadi 3 subbab sebagai berikut.
  • Installed plugins: untuk menampilkan berbagai plugin yang sudah terinstal di website anda. 
  • Add new: untuk menambahkan plugin baru di website anda.
  • Editor: untuk melakukan modifikasi/mengedit plugin yang sudah tersedia di website anda.
8. Users, menu ini terbagi menjadi 3 submenu. Menu ini peranannya menjadi sangat penting ketika fitur registrasi diaktifkan di website anda. Fitur registrasi memungkinkan orang - orang untuk mendaftar di website anda.
  • All users: untuk menampilkan semua orang (pengguna) yang terdaftar dan sudah registrasi di website anda.
  • Add new: untuk menambahkan pengguna baru di website anda. 
  • Your profile: untuk melakukan pengaturan profil/akun WordPress anda. Lebih lanjut mengenai penggunaan profil akan kita bahas nanti ya.
9. Tools, nah kalau menu yang satu ini erat kaitannya dengan berbagai alat pendukung yang ada di website anda. Menu tools terbagi menjadi 3 submenu, yakni: 
  • available tools: untuk menampilkan berbagai alat pendukung (tools) yang ada di website anda. 
  • Import: nah kalau submenu ini diperlukan untuk melakukan impor (pemindahan) posting/komentar dari sistem lain ke website anda.
  • Export: kebalikan dari import, submenu ini diperlukan ketika kita mau melakukan pemindahan konten dari website kita ke sistem lain di luar website kita.
10. Menu settings, kalau yang satu ini fungsinya untuk melakukan pengaturan terhadap website kita. Sama seperti menu themes, di menu ini juga terdapat banyak submenu, seperti: 
  • General: di submenu ini kita bisa melakukan pengaturan dasar di website kita. Seperti pengaturan nama website, tagline website, dan banyak lagi.
  • Writing: untuk melakukan pengaturan dalam hal penulisan posting di website kita.
  • Reading: kalau yang satu ini kita perlukan untuk melakukan pengaturan dalam hal menampilkan posting/konten di website kita.
  • Discussion: untuk melakukan pengaturan seputar komentar - komentar yang masuk ke website anda.
  • Media: untuk melakukan pengaturan pada media yang ada di website kita. 
  • Permalinks: khusus bagian ini erat kaitannya dengan pengaturan struktur URL dari website kita. 
Perlu Anda ketahui, menu-menu di WordPress tidak mutlak seperti ini yah. Kenapa? 
Sebab menu - menu tersebut bisa saja berubah susunan dan jumlahnya, tergantung dari theme dan aplikasi tambahan (plugin) yang kita gunakan di website kita.

OK.... Cukup Sekian Dulu Artikel Kita Kali Ini...
Semoga Bermanfaat Buat Para Pembaca Setia Sekalian.... 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Praktis Dan Mudah Mendesain Web (Lengkap)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

23 komentar

Tulis komentar
avatar
19 January 2016 at 19:14

Mantab. Ditunggu Postingan selanjutnya

Reply
avatar
19 January 2016 at 19:27

ajib gan, share lagi info tentang web nya

Reply
avatar
19 January 2016 at 19:47

ditunggu pelajaran selanjutnya kak

Reply
avatar
19 January 2016 at 20:00

keren nih gan info tentang desain webnya

Reply
avatar
19 January 2016 at 20:31

ribet juga ternyata ya :) harus punya niat dluu nih :'

Reply
avatar
19 January 2016 at 20:42

keren nih. tapi lebih keren lagi kalau membahas tentang tampilan blog

Reply
avatar
19 January 2016 at 21:18

tulisannya berlebihan bercandanya kak.
saya mau tanya tentang untung ruginya domain yg beda ekstensi itu.

Reply
avatar
19 January 2016 at 23:13

thanks gan...
ok nnti saya usahakan untuk postingan selanjut.a gan....

thanks dah mw mampir gan....

Reply
avatar
19 January 2016 at 23:14

hehehe....
biar gx rada serius terus gan maka.a banyak bercanda.a deh.... hehehe

ok nnti saya akan share d postingan selanjut.a gan...

Reply
avatar
19 January 2016 at 23:17

thanks gan....
makasih juga dah mampir....

Reply
avatar
19 January 2016 at 23:18

hehehe.... ni masih dalam percobaan aja gan buat posting tentang web....
ok thanks atas masukan.a gan, next time ane akan share d postingan selanjut.a tentang blog....

Reply
avatar
19 January 2016 at 23:21

hehehe ya sedikit rumit sih....
pi kalo ada kemauan buat mencoba.a pasti ada jalan.a ko.... :D

thanks ya dah mampir.

Reply
avatar
19 January 2016 at 23:22

ok gan...
tunggu postingan selanjut.a ge ya....

thanks dah mampir....

Reply
avatar
19 January 2016 at 23:22

ok gan.....
thanks dah mampir....

Reply
avatar
20 January 2016 at 00:07

kalau uda terbiasa desain di blogger pindah ke wordpress jadi agak muter" yah? alias susah :D

Reply
avatar
20 January 2016 at 00:11

hehehe.... ya lumayan rumit juga sih gan...
ane cuma membantu share untuk buat para pemula seperti ane ni dalam dunia blog gan.... :D

thanks gan dah mampir...

Reply
avatar
a
20 January 2016 at 01:13

Mantap... walau agak rumit bahasanya... haha Nice
Kapan nih post terbarunya?.

Reply
avatar
20 January 2016 at 11:22

wahaha ini artikel mantab nih.. calon PR1 nih gan :D hahaa mantab dah tutornya lengkap joss :D

Reply
avatar
20 January 2016 at 12:26

mantap artikelnya sangat bermanfaat bagi yang merancang sebuah website ditunggu artikel selanjutnya gan

Reply
avatar
23 January 2016 at 03:00

hahaha gpp lah win, yang penting artikel w bisa bermanfaat bagi para pengunjung blog w.... :D

Reply
avatar
23 January 2016 at 03:01

:D Thanks gan....
moga bermanfaat..... thanks juga dah mampir.... :D

Reply
avatar
23 January 2016 at 03:02

Makasih gan.... :D
ok gan....

thanks dah berkunjung.... :D

Reply